> Lensa Berita Pusluhkum akan Gelar Lomba Kadarkum Tingkat Pusat

BPHNTV-Jakarta. Pusat Penyuluhan Hukum Badan Pembinaan Hukum Nasional sebagai salah satu unit dari Kementerian Hukum dan HAM memiliki tugas dan fungsi memberdayakan masyarakat untuk sadar hukum dan HAM. Oleh karenanya, salah satu kegiatan yang rutin di adakan adalah membentuk kesadaran hukum di masyarakat. Salah satu yang menjadi medianya adalah dengan mengadakan lomba Keluarga Sadar Hukum (lomba Kadarkum).

Untuk tahun 2011, Pusluhkum akan menyelenggarakan Lomba Kadarkum tingkat pusat selama 3 (tiga) hari dari tanggal 5-7 april 20122 yang bertempat di Gedung Anex lantai IV. Sebanyak 28 peserta lomba yang terdiri dari kelompok Kadarkum unsur KORPRI, Dharma Wanita, Tentara Nasional Indonesia, Kepolisian Republik Indonesia, Organisasi Kemasyarakatan, Perguruan Tinggi dan Pelajar SMA akan bertanding pada penyelenggaraan lomba kadarkum tahun ini.

Peserta lomba untuk tahun ini merupakan seluruh peserta yang merupakan para finalis dari penyelenggaraan lomba kadarkum tahun-tahun sebelumnya. Materi yang dilombakan adalah Materi lomba meliputi UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik dan Undang-undang Perlindungan Anak.

Program ini merupakan sebagai salah satu upaya untuk memasyarakatkan hukum agar tercipta budaya hukum. Dengan begitu, peningkatan kualitas tingkat kesadaran dan ketaatan hukum dalam masyarakat terbentuknya dan cita-cita masyarakat cerdas hukum bisa dicapai. Dengan terselenggaranya lomba ini, diharapkan peserta bisa mendapat pengetahuan baru dan pemahaman hukum. Sehingga bisa diimplementasikannya setiap hari. RA***

Beri Komentar


Security code Refresh